Jumat, 19 Mei 2017

Hikmah Shaum

Ibadah Shaum memiliki faidah yang banyak, diantaranya:
  1. Ibadah Shaum merupakan salah satu ketaatan yang sangat agung. Ia adalah rahasia antara seorang hamba dengan Rabbnya. Dan ia adalah tujuan dalam melaksanakan amanat.
  2. Shaum mengandung makna sabar dengan ketiga jenisnya sekaligus; sabar dalam ketaatan kepada Allah, sabar dari kemaksiatan kepada Allah dan sabar dalam menanggung takdir Allah yang tidak disukai.
  3. Orang yang melaksanakan shaum dapat merasakan sulitnya lapar sehingga ia dapat mengingat nikmat-nikmat Allah yang terus-menerus atas dirinya dan ia pun dapat mengingat saudara-saudaranya yang merasakan kelaparan terus-menerus.
  4. Pada shaum terdapat faidah kesehatan; shaum dapat mengistirahatkan lambung, memberinya kesempatan untuk tidak beroperasi sehingga dapat memulihkan kekuatannya.
Maka, shaum adalah ibadah yang sangat agung. Terdapat banyak sekali macam kebaikan padanya. Sekaligus menjauhkan macam-macam keburukan. Oleh karena itu, Allah juga mewajibkan shaum atas umat-umat terdahulu. Allah berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman telah diwajibkan atas kalian shaum sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian, agar kalian bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Macam-macam Shalat Wajib

1)       Sholat Isya' yaitu sholat yang dikerjakan 4 (empat) raka'at dengan dua kali tasyahud dan satu kali salam. Waktu pelaksanaa...