Rabu, 17 Mei 2017

Pengertian Rukun Iman

Rukun Iman (bahasa Arab: أركان الإيمان) yaitu pilar-pilar keimanan dalam Islam yang harus dimiliki seorang muslim. Rukun menurut bahasa berarti pilar,asas atau dasar.sedang iman berarti keyakinan,jadi rukun iman secara bahasa berarti suatu pilar atau dasar keyakinan dalam islam yang meliputi beberapa hal.Sedangkan menurut istilah Rukun Iman berarti meyakini dengan  sepenuh hati ,mengucapkan dengan lisan dan di amalkan dengan perbuatan.
Jumlah dari rukun iman yaitu 6 meliputi :

  1. Iman kepada Allah SWT
  2. Iman kepada Malaikat Allah SWT
  3. Iman kepada Kitab – kitab Allah
  4. Iman kepada Nabi
  5. Iman kepada Hari Ahkir atau kiamat
  6. Iman kepada qodo dan qodar
Rukun iman dijelaskan seperti yang terkandung dalam QS AL-BAQARAH AYAT 177:

۞لَّيۡسَ ٱلۡبِرَّ أَن تُوَلُّواْ وُجُوهَكُمۡ قِبَلَ ٱلۡمَشۡرِقِ وَٱلۡمَغۡرِبِ وَلَٰكِنَّ ٱلۡبِرَّ مَنۡ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأٓخِرِ وَٱلۡمَلَٰٓئِكَةِ وَٱلۡكِتَٰبِ وَٱلنَّبِيِّ‍ۧنَ………. ١٧٧

(LAISALBIRROANTUWALLU WUJUHAKUM QIBALA LMASYRIQI WALMAGRIBI WALAQINNALBIRRO MAN AMANA BILLAHI WALYAUMIL AKHIRI WALMALAIKATI  WALQITABI WANNABIYYINA …… )

      Artinya : “Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan ke barat, tetapi
Kebajikan itu ialah (kebajikan)orang yang beriman kepada Allah, hari akhir , malaikat – malaikat , kitab – kitab , dan nabi – nabi, …… “(QS AL-BAQARAH Ayat 177)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Macam-macam Shalat Wajib

1)       Sholat Isya' yaitu sholat yang dikerjakan 4 (empat) raka'at dengan dua kali tasyahud dan satu kali salam. Waktu pelaksanaa...